Langsung ke konten utama

Kota Suci Penerang Peradaban



Ada dua kota suci yang dirindukan umat Islam untuk selalu di singgahi yakni Mekkah dan Madinah. Nabi Muhammad saw dilahirkan di Mekkah, dan di kota inilah nabi Muhammad mulai menyebarkan risalah agamanya. Di masa pra islam, Mekkah sudah menjadi kota metropolis yang maju, perdagangan yang berkembang dan tradisi keilmuan yang sudah mengenal baca tulis, tetapi karena tidak adanya pemimpin suku yang definitif, akhirnya sering terjadi konflik antar suku.
Baru setelah Muhammad terpilih untuk menegakkan risalah Islamiyah, beliau akhirnya terpilih sebagai al-amin (yang terpercaya) walaupun demikian, bukanlah semulus yang diperkirakan, karena banyak pembesar Quraisy yang menolak ajaran agama baru yang disebarkan Muhammad. Terbukti ketika Fathu Mekkah (pembebasan Mekkah), Nabi tidak memaksakan ajaran agama kepada masyarakat Mekkah. Beliau justru menawarkan jalan damai bagi semua warga. Bahkan Muhammad memaafkan pembesar Quraisy.
Ketika Mekkah sudah di tangan umat Islam, Mekkah semakin ramai. Tak lain Mekkah karena ada Ka’bah dan Masjidil Haram yang mendapatkan keistimewaan luar biasa dari umat Islam. Dari sinilah Mekkah sebagai kota suci yang menerangi peradaban dunia Islam.
Mekkah sebagai sentrum peradaban umat Islam. Kaum muslimin yang turut membangun sebuah entitas perubahan dalam membuka pintu awal peradaban Islam. Berkembangnya peradaban Islam karena dilandasi oleh semangat Ketuhanan (tauhid). Sejak 14 abad silam mewarnai sejarah peradaban dunia.
Lebih kurang delapan abad mengalami masa kejayaan, banyak penemuan-penemuan yang berhasil di lakukan oleh ilmuwan Islam dalam bidang ilmu pengetahuan antara lain ilmu filsafat, salah satu tokohnya Ibnu Sina selain di kenal ahli filsafat, ia juga dikenal sebagai bapak kedokteran Islam dalam bidang kedokteran. Selain Ibnu Sina, salah satunya adalah Ibnu Rusyd di bidang matematika. Dua orang tokohnya antara lain Umar Al-Farukhan (arsitek pembangunan kota Baghdad) dan Al Khawarizmi (pengarang kitab Al jabar yang juga menemukan angka 0), bidang astronomi ada Al Fazari, Al – Battani, bidang seni ukir dan masih banyak lagi ilmuwan-ilmuwan muslim di berbagai bidang.
Kejadian-kejadian dan penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh tokoh-tokoh ilmuwan muslim terdahulu. Saat ini jarang di wacanakan di informasikan kepada kita. Sebaliknya, pada masa kejayaan Islam di manipulir oleh orang barat, selanjutnya mereka menisbatkan penemuan-penemuan tersebut kepada tokoh-tokoh mereka. Sebagai contoh Isaac Newton, orang barat menobatkan Newton sebagai penemu teori gravitasi bumi, padahal Tsabit bin Qarab telah menemukan teori itu sertus tahun sebelumnya daripada Newton.
Nampaknya kita harus bercermin dari awal perjuangan nabi di Mekkah sampai sebuah kejayaan Iaslam dan lahirnya peradaban umat Islam dari ilmuwan-ilmuwan, cendekiawan muslim bahwa kita adalah umat terbaik yang pernah terlahir di Bumi.

                                                                                                                                      Avinda Purwoko, TP 08
                                                                                                                                      Dari berbagai sumber





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Pengumuman OPREC KMIP 2017

Lihat daftar dibawah ini..

PENGUMUMAN PENGURUS BARU 2017 by KMIP UNY on Scribd