Langsung ke konten utama

Milad KMIP ke-12



Jum’at 27 Mei 2011 sore hari nan cerah menjadi saksi sebuah titik memori kebangkitan sebuah organisasi atau unit kegiatan mahasiswa  Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan atau yang akrab dengan nama KMIP.  
Waktu berjalan dengan begitu lembutnya, sampai menghantarkan ke usianya yang sudah 12 tahun. Dengan izin dan pertolongan Allah swt, KMIP sampai detik ini mampu berkarya memfasilitasi sederetan kegiatan-kegiatan mahasiswa khususnya di bidang kerohanian agama Islam.
Kegiatan dilaksanakan di Lapangan hijau Fakultas Ilmu Pendidikan,  mengundang ustad Adi Purwanto untuk taujih semangat, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof.Dr Achmad Dardiri, M. Hum dan juga teman-teman Ormawa FIP dan SKI se-UNY .
Ibarat sebuah perjalanan panjang, pastilah ada capek, lelah atau perlu istirahat bahkan halangan rintangan pasti ada, dalam mempersiapkan itu kita perlu perbekalan yang lengkap untuk menempuh suatu tujuan. Jasadiyah dan rukhiyah harus kuat, dan ditopang dengan ilmu sebagai peta petunjuk perjalanan.
Hal demikian yang membuat hingga sampai saat ini KMIP menjadi ikon pencerah di Fakultas Ilmu Pendidikan, kenapa ikon pencerah? Berlandaskan Al Qur’an dan As Sunah yang menjadi nafas setiap aktifitasnya, secara tidak langsung menjadi tempat menempa diri dan belajar berIslam lebih baik yang menegaskan Islam Rohmatan lilallamin.
Seperti mata air yang tak pernah berhenti memancar kebermanfaatan, terimakasih kepada pejuang-pejuang KMIP dari awal perintisan hingga sampai saat ini, KMIP menjadi penyeimbang keilmuwan di Fakultas. Tak bisa terhitung dan terekam semua amal  kebaikan dan pengorbanan pendahulu-pendahulunya, yang ada adalah sebuah  peninggalan berharga untuk dilanjutkan perjuanganya. Dan juga Terimakasih kepada semua pihak dari birokrasi, dari teman-teman Ormawa, dan dari pengurus KMIP sendiri yang menjadi bagian sejarah yang bermakna.
“Andai Islam seperti bangunan usang yang hampir roboh, maka aku akan berjalan ke seluruh dunia mencari jiwa-jiwa muda. Aku tak ingin mengutip dengan ramai bilangan mereka, tapi aku inginkan hati-hati yang ikhlas untuk membantuku dan bersama mengembalikan bangunan usang itu menjadi bangunan yang terseragam indah”. Hasan Al Banna.
Avinda_



Komentar

Pos populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban