Langsung ke konten utama

Ekspedisi Merapi KMIP The Real Fighter!


Ekspedisi Merapi KMIP 2011 The Real Fighter!
Tanggal 10-11 september 2011 bertempat di R. Abdullah Sigit dan Kali kuning(Lereng Merapi). Ekspedisi Merapi KMIP 2011 Alhamdulillah terlaksana dengan baik. Sekitar 110 peserta mahasiswa baru FIP 2011 dari berbagai jurusan mengikutinya, yang rata-rata didominasi peserta perempuan(akhwat). Ekspedisi Merapi KMIP 2011 dengan total jumlah peserta, panitia, pemandu dan SC(Stering Commite) berjumlah sekitar 150 orang.
Kegiatan yang bertemakan  Harmonis dalam perbedaan, bersatu dalam Islam”. Dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pemaknaan secara materi dan pengalaman dengan 4 point penekanan, yaitu Akidah, Syummulyatul Islam, problematika umat dan Ke KMIP-an. Menjadi wajib dan mendalam untuk difahami sebagai dasar seorang moslem. Sesi ke-dua dengan acara outbond (Flaying fox, Hanging & games dll) dilanjutkan menyusuri jejak di sekitar lereng merapi. Merenungi dan mensyukuri keindahan alam ciptaan Allah Maha Besar. Menguji mental keberanian, menepis ketakutan, membuang penasaran akan ketidak percayaan. Ini menyadarkan kita bahwasanya kita sungguh kecil, lemah dan tak berdaya. Kita harus yakin dan percaya akan pertolongan Allah di setiap langkah menjadi pemacu ghirah(semangat) kita.
Kepedulian dan tanggungjawab terhadap sesama senantiasa tertunaikan, menjadi acara penutup serangkaian kegiatan Ekspedisi Merapi KMIP, kita mengadakan bakti sosial pendidikan di SD N Gondang yang dibersamai kepala sekolah SD N Gondang. Diawali dari kepedulian diri sendiri, diwujudkan dalam segenap langkah perbuatan dan tawakal kepada Allah Swt, semoga menjadi amal jariyyah sebagai bekal kita di bumi akhirat kita nanti.
Akhirnya apa yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tertanam figur moslem yang memiliki kepribadian individu yang berkarakter, kokoh, tangguh dan matang. Akhir harapan dari tindakannya adalah terbentuknya manusia paripurna yang memahami islam, berkepribadian muwashofat, serta akhirnya mampu bekerjasama dalam memperjuangakan kejayaan islam, bangsa, masyarakat, keluarga dan dirinya sendiri.
Puji dan syukur tak henti kepada Allah Swt dan terimakasih untuk semua pihak yang membantu terlaksananya kegiatan ini, pak Dardiri yang senantiasa membersamai kami, pak Bambang Saptono selalu memotivasi semangat kami , pak Amir Syamsudin yang selalu mendukung kegiatan kami, mas Anggit, mb Ranti, mb Diyah yang istiqomah mengingatkan amanah kami, semua pengurus KMIP 2011, pemandu Eks-K 2011 dan panitia yang sekuat tenaga berjuang, berkorban demi kesuksesan kegiatan ini, Allah tidak tidur...yakinlah berapa kecilpun yang kita hasilkan, kita tunaikan di jalan Allah, Insyaallah Allah ganti yang lebih baik. Dan adik-adik mahasiswa FIP 2011, engkaulah penerus perjuangan kami, engkaulah pahlawan massa depan, engkaulah pioner umat, engkaulah generasi harapan, engkaulah pribadi kunci perubahan..jagalah izzah ini...
“Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rosul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui, Niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.” (Q.s As-Saff:10-13)
Kebersamaan yang dijalin diawal ini mari kita sirami dengan air ukhuwah, dijaga dengan kekuatan rukhiyah, dipupuk dengan keistiqomahan sehingga tumbuh sumbur menuai kebaikan. Dan berharap mampu untuk membawa atmosfir perbaikan untuk semua. Islam Rahmat bagi seluruh alam..dan Karena Islam Terlalu Indah Untuk Tidak Diperjuangkan.
Cinta berkawan karena sehati dalam kasih illahi...

Avinda_ketua KMIP FIP UNY

Komentar

Pos populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban