Langsung ke konten utama

“Indahnya Silaturahim di Hari Nan Fitri Sebagai Cerminan Generasi Rabbani”


 
“Indahnya Silaturahim di Hari Nan Fitri Sebagai Cerminan Generasi Rabbani”
Sabtu, 17 September 2011 kegiatan Syawalan KMIP bersama dan bekerjasama dengan HIMA PGSD Kampus 3 dan HIMA PAUD berlangsung di kampus 3 Jl. Bantul dengan kidmat dan baik. Acara yang dihadiri Bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M. Hum dan Bapak Bambang Saptono, M. Si serta dosen dan pegawai PGSD di Kampus 3 dan juga dari pengurus ormawa FIP, ketua BEM FIP Ali Wafa, ketua HIMA AP Mansur dan pengurus ormawa lainya serta pengurus dan anggota KMIP dan mahasiswa baru dari berbagai jurusan menghadiri acara syawalan ini.
Dibersamai mas Dennis Dinamis semakin lengkap nampaknya syawalan tahun ini, membawakan bagaimana pentingnya menjaga persahabatan, mempererat, memupuknya dengan rasa cinta dan menjalaninya dengan keistiqomahan agar menjadi berarti selamanya.
Semaikin berkesan dengan penampilan gendingan islami yang dibawakan oleh kelompok seni dari teman-teman PG PAUD dan Al Qolam Voice (Nasyidnya KMIP) serta penampilan nasyid dari adik-adik SMA N 2 Sewon Bantul menambah manisnya kegiatan syawalan tahun ini.
Tentang silaturahim, ‘’...Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan peliharalah hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.” (Q.S An Nisa:1). Allah menganjurkan kita untuk menjaga silaturahim.   Silaturahmi tidak sekadar bersentuhan tangan atau memohon maaf. Ada sesuatu yang lebih hakiki dari itu semua, yaitu aspek mental dan keluasan ketulusan hati. Hal ini sesuai dengan asal kata silaturahmi itu sendiri, yaitu shilat atau washl, yang berarti menyambungkan atau menghimpun, dan ar-rahiim yang berarti kasih sayang. Rasulullah SAW bersabda, "Berhati-hatilah kalian terhadap prasangka, sebab prasangka itu sedusta-dustanya cerita. Jangan pula menyelidiki, mematai-matai, dan menjerumuskan orang lain. Dan janganlah saling menghasud, saling membenci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian sebagai hamba Allah yang bersaudara" (HR Bukhari Muslim).
Semoga tidak menjadi ritual tahunan kegiatan syawalan ini dan berharap dari diri pribadi dan semua, tidak perlu menunggu kegiatan seperti ini untuk hal meminta maaf alangkah indah manakala hati kita sudah merasa maka sebaiknya saat itu juga kita meminta maaf dan meminta ampun kepada Allah. Akhirnya janji Allah Swt pada kita akan kembali Fitri, kembali suci lebih putih dari kertas putih dan salju, sahabatku warnailah lembaranmu kedepan dengan amal kebaikan hingga kelak kita kan bangga di hadapan Allah, kita punya prestasi untuk Allah yang dengannya kita harapkan ridho dan kasihNya.
 Beribadahlah seolah akan mati esok hari, berusahalah seolah akan hidup selamanya, biarkan dihati satukanlah di jiwa dalam menjalaini hidup ini, mulailah langkah baru disetiap hari yang berganti agar kita tak tertinggal, hari ini jadikan lebih baik dari hari kemarin, hari esok jadikan lebih baik dari hari sekarang.

Avinda_Ketua KMIP FIP UNY

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban