Langsung ke konten utama

"KMIP Berbakti Untuk Negeri"



KMIP Berbakti Untuk Negeri
Gerimis kecil-kecil dibarengi embun pagi di pagi itu menjadi pelengkap syukur atas kehadirat Allah Swt dari masyarakat dusun Purwodadi, Gunungkidul dan sekitarnya. Kumandang takbir, tahmid dan tahlil membuncah di ketinggian bukit, pertanda hari kebesaran Islam hari raya Idul Adha di tahun 2011 M 1432 H. Subhanallah...
Hari akbar nan indah yang dinanti seluruh umat Islam di seluruh dunia itu bertempatan dengan Bakti Sosial Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan di dusun Purwodadi, desa Ngandong, kecamatan Tepus, Gunungkidul. Sungguh lengkap nampaknya, acara yang dilakukan selama dua hari ini berlangsung khidmat dan lancar, Alhamdulilllah. Sekitar 30an pengurus KMIP tiga wilayah dan non pengurus hadir dalam kegiatan tersebut dan yang menjadi panitia inti adalah teman-teman KMIP PGSD kampus 2. Kegiatan ini  didukung oleh FIP UNY, PKPU, Rumah Qur’an.
Kegiatan baksos ini diketuai oleh Adlan Adam mahasiswa semester 3 PGSD Kampus 2, dalam susunan kegiatannya antara lain training motivasi untuk remaja, outbond anak-anak dan penyembelihan hewan kurban. Kegiatan rutin setiap sekali dalam setahun ini sudah berjalan 4 kali selama kepengurusan KMIP dari tahun 2008 hingga saat ini.
Apresiasi dan tanggapan yang positif dari Fakultas serta dukungan tenaga, materi dan spiritual dari warga setempat membuat kami untuk bisa berbuat lebih banyak dalam membantu saudara kita yang kurang mampu dan melayani memberikan pencerahan ilmu dan motivasi.
Tinjauan pertama bahwa kondisi masyarakat yang mayoritas berpendidikan SD paling tinggi SMA dalam menjalankan aktifitas kesehariannya maksimal hanya sebagai karyawan pabrik dan sebagian besar lainnya adalah bertani. Hal ini menjadi cermin bahwa masyarakat di dusun Purwodadi tergolong tingkat ekonomi menengah kebawah. Tapi yang namanya nikmat Allah Swt selalu dirasa cukup oleh masyarakat sekitar, yang dengan hanya bekerja menjadi petani dan buruh serabutab sudah mencukupi kebutuhan untuk hidup sehari-hari, Alhamdulillah..
Pesan untuk seluruh saudara-saudara KMIP yang dirahmati Allah Swt, usaha, pengorbanan dan perjuangan kalian untuk membantu saudara-saudara kita yang mungin kurang beruntung daripada kita, InsyaAllah akan mendapat ganti dan balasan yang lebih baik rai-Nya kelak (red.). Pimpinan fakultas Ilmu pendidikan mengucapkan;
“Selamat untuk teman-teman KMIP semoga menjadi Amal Jariyah disisi Allah” Dekan FIP, Dr. Haryanto
“Semoga sukses dan bermanfaat kegiatannya, sukses untuk KMIP” Wakil Dekan III FIP, Bambang Saptono, M.Si
“Semoga Sukses, tetap berkarya untuk KMIP” Wakil Dekan I, Prof. Anik Ghufron, M.Pd

Avinda_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Pengumuman OPREC KMIP 2017

Lihat daftar dibawah ini..

PENGUMUMAN PENGURUS BARU 2017 by KMIP UNY on Scribd