Langsung ke konten utama

Kolom Mas'ul KMIP 2012



Keluarga Muslim Ilmu Pendidikan (KMIP) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan. Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas ini berdiri pada tanggal 8 maret 1998. KMIP sendiri terbagi menjadi 3 wilayah, kampus pusat, kampus mandala, dan kampus jalan bantul. Yang saat ini di ketuai oleh M Iqbal Abdul Aziz.
Mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan (AP) prodi Managemen Pendidikan (MP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta angkatan tahun 2009 ini lebih sering disapa dengan nama Iqbal, mahasiswa kelahiran Serang tanggal 06 November 1990 ini mempunyai hobi berorganisasi dan juga olahraga renang. Bisa dikatakan bahwa ia adalah seorang mahasiswa yang luar biasa, dikatakan luar biasa karena ia dapat mengimbangi antara prestasi yang ia miliki dengan kegiatan organisasinya, terbukti prestasi yang sudah diraihnya selama menjadi mahasiswa FIP UNY ini, prestasi tersebut adalah mahasiswa baru (MABA) OSPEK Terbaik FIP 2009, juara 2 LKTQ (Lomba Karya Tulis Qur’an) FIP UNY, juara 2 Klipping Pendidikan UNY, Duta II FIP UNY 2011, lolos abstrak HI-Great Brawijaya (Universitas Brawijaya), 20 besar finalis kompetisi karya tulis tingkat nasional MIPA untuk negeri (Universitas Indonesia), Penerima penghargaan Twitter terbaik pada KIMI (Konferensi Ilmuan Muda Indonesia) 2012 (Universitas Negeri Yogyakarta), juara 3 PILDAMA tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta
(Universitas Negeri Yogyakarta) dan lain lain. Dan sampai saat ini sudah lebih dari 5 organisasi yang pernah ia ikuti.
Mahasiswa yang pernah mendapatkan predikat sebagai Mahasiswa Terbaik Ospek FIP UNY 2009 ini berpendapat bahwa mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang dapat menyeimbangkan antara hardskill dan soft skill. Hardskill berarti kemampuan keras yang berarti kemampuan akademik. Softskill (kemampuan lunak) yang berarti kemampuan selain yang bisa didapat di ruang kuliah.
Beliau termotifasi berprestasi dari kakak kakak tingkatnya yang sering memotivasi untuk terus berprestasi, dan juga dari orang tua yang selalu mengharapkan anaknya untuk menjadi yang terbaik dimanapun berada.
Pesan ia untuk mahasiswa Baru FIP UNY hanya ubahlah nasib dengan kesungguhan, maka Allah akan menunjukkan jalan dan mengubahnya. Terus berjuang dalam keadaan susah maupun senang. Kedepan kalian akan merasakan ke prihatinan sebagai seorang mahasiswa, dan itu wajib kalian tuntaskan. Bersama Allah kita melangkah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban