Langsung ke konten utama

Mengapa Kita Harus Bantu Palestina dan Suriah?

Sering sekali muncul pertanyaan ketika ada kegiatan yang bertajuk menolong Palestina dan Suriah, "Mengapa kita harus menolong Palestina? Padahal masih banyak orang disekitar kita yang membutuhkan bantuan ekonomi, putus sekolah, banjir, dll." Demikian sedikit pernyataan yang sering muncul.

Sedikit jawaban diantaranya adalah Palestina dan Suriah merupakan bagian dari negeri Syam. Negeri Syam merupakan tanah suci bagi umat muslim yang banyak disebutkan di dalam Al Quran dan hadist, begitu juga para penduduknya merupakan orang yang istimewa.

Beberapa negara yang masuk dalam negeri Syam adalah Palestina, Suriah, Lebanon,  dan Urdu. Menurut Ghiyat Abdul Baqi (Ulama Suriah), Bumi Syam berbeda dengan bumi lainnya. Syam adalah urat nadi dan pusat jantung muslim, jika Syam berhasil dikuasai oleh muslim maka Islam akan berjaya di dunia, begitupun sebaliknya. Beberapa fakta, yakni ketika Islam menguasai Syam maka Islam akan menguasai dunia, contohnya saat Syam berhasil direbut pada masa Umar bin Khattab dan ketika kembali ditaklukkan oleh Shalahudin Ayyubi. Dan sekarang, Syam yang merupakan tanah suci umat muslim dihinakan oleh kaum Yahudi dan komplotannya.

Alasan lainnya adalah menurut, Suwahya Tumi Janto (Relawan Sahabat Al Aqsa) di Syam terdapat Masjidil Aqsa, salah satu dari tiga tempat suci umat muslim selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjidil Haram merupakan tempat dimana pintu langit dibuka oleh Allah SWT ketika Nabi Muhammad SAW akan melaksanakan Isra' Miraj. Kini tepat itu juga dihinakan oleh kaum Yahudi dan sekutunya.

Salah satu kisah nyata yang dikisahkan oleh Ust. Janto, ketika terjadi erupsi merapi 2010 di Jogja ternyata ada bantuan langsung dari para pengungsi Palestina untuk korban Merapi. Alasan perwakilan pengungsi tersebut ketika ditanya apa alasan mereka menolong korban bencana erupsi merapi, padahal ditempat mereka juga membutuhkan bantuan. "Muslim itu satu tubuh, jika salah satu bagian sakit maka bagian lainnya juga akan ikut sakit juga," ujar mereka. Jawaban yang singkat namun begitu mengena dan menyadarkan betapa egoisnya kita ketika masih bertanya "Kenapa harus bantu Palestina?". Wallahualambissawab.

"Seharusnya Islam tidak terkotak-kotak simbol dan batas dengan kebanggaan semu" (Suwahya Tumi janto)

*Tabligh Akbar "Dua Sayap Masjidil Aqsa, Menyokong Palestina dan Menolong Suriah" (Masjid Kampus UGM, 23/03)

Pos populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban