Langsung ke konten utama

Mudah namun tak memudahkan



Hal yg paling mudah di dunia ini bukan mengambil benda macam kapas atau segenggam pasir namun meninggalkan sholat.
-Imam Ghozali-


Dari kutipan kata-kata Imam Ghozali diatas, apa yg terbesit dalam benak kita apa yg menjadi esensi kita sebagai ciptaan sang Khaliq. Masih ingatkah disurat Adz-Dzariyyat ayat 56 diterangkan bahwa apa kewajiban utama kita sebagai manusia ini. Dan juga bagaimana perjalanan Isra' Mi'raj Rasulullah SAW yg sudah meringankan kewajiban kita yaitu beribadah dari 50 waktu sholat menjadi 5 waktu sholat.

Selama ini mungkin kita hanya sekedar menunaikan kewajiban saja dalam hal ini. Namun ada hal yg lebih penting setelah niat kita melaksanakan kewajiban yg telah ditetapkan.Apakah sholat kita sudah memberi implikasi yg terlihat dalam kehidupan sehari-hari? Ini yg harus jadi perhatian dan introspeksi setiap hari.

Kita sholat namun tak memahami apa makna dari sholat itu sehingga adanya yg "kurang" dalam hidup ini. Selain itu yg menjadi sorotan lagi yaitu sholat kita yg sering molor dari awal waktu. Mengutip dari buku "Kuliah Tahuid" karangan Yusuf Mansyur coba kalkulasi "keterlambatan" sholat wajib kita, ibaratkan saja usia kita sudah kisaran 20 tahun dan hampir setiap sholat telat 1 jam dihitung sejak akil baligh, dan hasilnya seperti ini 1 X 5 X 365 X 8 :24 = 608 hari atau sama saja hampir 1,5 tahun kita telat sholat.

Dari fakta diatas barulah sadar apa yg menjadi sedikit kekurangan kita selama ini, bagaimana kita mau sukses kalau dari hal yg menjadi kewajiban saja selalu luput. Dari sekelumit catatan diatas dapat ditarik kesimpulan, setidaknya ketika kita ingin berubah benahilah dari sholatnya kemudian lanjut ke ibadah-ibadah sunnahnya untuk dikuatkan, insya Allah kalau semua itu sudah bisa dilakukan akan semakin dekat dengan Allah dan mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Aaamiin (Rasyif)

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Pengumuman OPREC KMIP 2017

Lihat daftar dibawah ini..

PENGUMUMAN PENGURUS BARU 2017 by KMIP UNY on Scribd