Langsung ke konten utama

FIPKU SELALU WARNAI NEGERIKU

Fakultas Ilmu Pendidikan akan selalu mewarnai pendidikan Indonesia, dengan semua perkuliahan, seminar, workshop, talkshow, prestasi, dll. FIP tak henti-hentinya menyajikan acara-acara berkualitas. Senin, 17 Maret 2014 dimulai acara talkshow perdana dari serangkaian acara Open House ORMAWA FIP UNY. Seminar tersebut bertajuk hak pendidikan, “Pendidikan Untuk Semua, Mimpi Atau Nyata?” yang bertempat di Pendopo Kampus Bantul. Kemudian menyambung rangkaian acara pada Selasa, 18 Maret 2014 di Kampus Wates diselenggarakan diskusi bertajuk “Guruku Inspirasiku #1”, sedangkan di Kampus Mandala diskusi “Guruku Inspirasiku #2” diselenggarakan Rabu, 19 Maret 2014. Setelah penyelenggaraan talkshow dan diskusi di kampus bagian, maka baru dilaksanakan Open House ORMAWA di kampus pusat dengan mengusung tema Talkshow Pemilu, “Tunjuk Satu Bintang, Indonesiaku Lima Tahun Mendatang”, talkshow ini menghadirkan pembicara langsung dari BAWASLU DIY. Talkshow Pemilu diselenggarakan Kamis, 20 Maret 2014 di Ruang Abdullah Sigit FIP.
Dengan diadakan talkshow dan diskusi di semua kampus FIP diharapkan semua mahasiswa dapat berpartisipasi secara langsung dan ternyata tidak sedikit yang sangat berantusias mengikuti di lintas kampus FIP. ORMAWA merupakan hal sangat penting untuk proses perkembangan dan pengendalian emosi mahasiswa dalam proses belajar menghadapi segala problem. Dengan berpartisipasi dalam organisasi sebanarnya akan membawa manfaat untuk pribadi mahasiswa sendiri, mungkin itulah alasan mengapa para mahasiswa FIP mewujudkan antusiasnya dengan menyelenggarakan Open House ORMAWA FIP UNY sebagai acara tahunan fakultas.
Jumat, 21 Maret 2014 merupakan puncak acara Open House ORMAWA FIP, diselenggarakan mulai pukul 09.00 WIB di Lapangan Hijau FIP. Dimulai dengan stanisasi dari seluruh ORMAWA dan kemudian display ORMAWA yang dimulai dengan penampilan dari KMIP. Di sela penampilan para mahasiswa, juga diselenggarakan Bedah Buku “24 Cara Mendongkrak IPK” yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan di pandu oleh mahasiswa dari jurusan BK. Bedah Buku ini menghadirkan penulisnya langsung yaitu Agus M Irkham dan didampingi oleh PD III Dr Suwarjo serta Ketua BEM FIP saudara Harris Fadillah. Acara yang berlangsung sekitar satu setengah jam ini menarik antusias para mahasiswa menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang memang sangat ingin serius dalam perkuliahan.

Setelah berakhirnya acara Bedah BuKu, acara masih dilanjutkan dengan display ORMAWA. Nampak kematangan persiapan para mahasiswa dalam mengisi acara tersebut. Penampilan yang didominasi drama musikal tersebut menambah meriahnya acara puncak Open House ORMAWA FIP hingga acara berakhir. Semua mahasiswa dengan semangat menampilkan identitas organisasinya namun tanpa melupakan satu identitas mereka yaitu sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Pendikan Universitas Negeri Yogyakarta. ^_^
-an-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Pengumuman OPREC KMIP 2017

Lihat daftar dibawah ini..

PENGUMUMAN PENGURUS BARU 2017 by KMIP UNY on Scribd