Langsung ke konten utama

Indahnya Ukhuwah Islamiyah

“sesungguhnya orang beriman itu bersaudara”
(QS Al Hujuraat:10)
Ukhuwah Islamiyah merupakan segugusan perasaan saling hormat menghormati, percaya mempercayai, mahabbah dan kasih sayang antara sesama individu atas asas aqidah Islamiyah, atau iman dan taqwa.
Kenapa harus ukhuwah Islamiyah?  Ukhuwah Islamiyah atau dapat disebut persaudaraan Islam adalah ukhuwah yang berlandaskan iman, ukhuwah yang mengikat antar pemeluk agama Islam. Islam akan menjadi kuat dengan adanya ukhuwah ini.
Ukhuwah atas dasar iman akan jauh lebih kuat dibanding ukhuwah primodial lainnya seperti ukhuwah atas dasar ekonomi, organisasi, dan lain-lain hanyalah akan bersifat sementara. Namun ukhuwah Islamiyah adalah ukhuwah untuk sekarang, nanti, dan selamanya, bahkan sampai di akhirat kelak.
Ukhuwah Islamiyah tidak semerta-merta terjadi, ukhuwah jelas melalui proses dan perlu diusahakan. Terdapat 4 pilar penyangga ukhuwah yang dikenal dalam Islam, antara lain:
1.   Ta’aruf yaitu mengetahui, mengetahui disini dimaksudkan bukan hanya tahu nama namun juga mengetahui data-data mengenai saudaranya (biodata), ta’aruf juga sebagai tahap awal ukhuwah.
2.    Tafahum—memahami (terolah emosional dan spiritual) termasuk gejala emosi dan spiritual. Nah, tafahum ini akan terbangun jika sudah berinteraksi intens.
3.  Ta’awun—menutupi kekurangan, saling tolong menolong, saling memotivasi. Singkatnya pada tahap ini seseorang akan rela menolong saudaranya jika ia dalam kesulitan,  akan membantunya keluar dari kesulitan dan ikut senang jika ia telah lepas dari persoalannya. Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (al-Maidah:2)
4.    Takhaful—menolong dg sepenuh hati, saling berkorban. Pada tahap ini seseorang akan memberi kepercayaan kepada saudaranya sesuatu yang tidak diberikan kepada sembarang orang. Entah itu secret story, amanah, titipan barang, dll.
Setidaknya 4 pilar itulah yang menjadi dasar kita saat akan menjalin ukhuwah Islamiyah yang kuat,
ukhuwah lah yang menjadikan perbedaan di antara kita menjadi indah.
Nah, sudahkah ukhuwah kita sekarang ini disebut ukhuwah Islamiyah? J

Serendah-rendahnya ukhuwah adalah husnuzhan (berbaik sangka) dan setinggi-tingginya adalah itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya daripada kepentingannya sendiri).

sumber: Kajian Tematik KMIP Ustadz Ari Wahyono, 17 April 2014 

-an-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban