MANDIRI DALAM KETERBATASAN

Apa mandiri itu? Mmmm tentunya sudah taukan semua.. mandiri yaitu sikap yang dimiliki seseorang untuk mampu melakukan suatu hal tanpa harus banyak tergantung orang lain, tapi bukan berarti sama sekali tanpa orang lain ya..

Mandiri ini sangat luas dan banyak, mandiri dalam mengerjakan tugas, mandiri dalam belajar, mandiri dalam bekerja dan lain-lain. Nah, sebagai remaja yang menginjak dewasa seharusnya seseorang sudah mampu mandiri dalam banyak hal apalagi sudah menjadi mahasiswa. Entah itu mahasiswa FBS, FIP, FIK dan seluruh mahasiswa UNY diharapkan mampu bersikap mandiri, tak terkecuali mahasiswa penyandang disabilitas.


Disabilitas  merupakan suatu kondisi tidakmampuan bagian tubuh seperti mata, tangan, telinga, dll untuk berfungsi normal. Kampus UNY ini mempunyai beberapa mahasiswa penyandang disabilitas seperti tunanetra dan tunarungu, contohnya di FIP. Namun taukah kita bahwasanya mereka dengan ketidakmampuannya bukanlah menjadi penghalang mereka untuk terus menuntut ilmu, seperti seorang mahasiswi tunarungu yang sampai sekarang dengan semangat belajar padahal ia sama sekali tidak mampu mendengar suara. Bukankah sangat sulit saat kita tidak mampu mendengar suara orang lain? Berlainan lagi dengan mahasiswa penyandang tunanetra yang setiap hari harus menyusuri jalan ke kampus, berbekal tongkat dan hafalannya. Merekalah mahasiswa-mahasiswa yang pantas disebut dengan mahasiswa yang benar-benar mandiri. Lalu apa kita tidak malu jika sampai sekarang kita masih manja, banyak mengeluh, minta fasilitas ini dan itu? J

(AMK KMIP)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan

Ulang Tahun, Tradisi Jahiliyah

Indahnya Ukhuwah Islamiyah