Berbekal Imu Menunaikan Amanah

Setiap detik waktu dalam perjalanan panjang manusia, tidak ada satupun yang terlewat dari apa yang disebut amanah. Amanah wajib dipikul dan ditunaikan, tidak boleh disia-siakan dan diingkari. Amanah bukanlah perkara mudah dan juga bukan perkara sulit. Manusia diberikan amanah oleh Allah, pertama sebagai hamba Allah dan kedua sebagai khalifah.
Manusia sebagai hamba Allah dikaitkan dengan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah, sedangkan manusia sebagai khalifah, terkait dengan kewajiban manusia untuk memelihara dan mengelola bumi Allah. Tentunya dengan sebaik-baik pemerliharaan yang mampu diusahakan dan untuk kebermanfaatan seluruh makhluk ciptaan Allah. Dalam tugasnya sebagai khalifah, Allah memberikan kebebasan dalam mengelola bumi. Namun haruslah tetap berdasarkan landasan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Maka dari itu perlunya ilmu sebagai bekal manusia dalam menunaikan amanah. Tanpa ilmu, manusia hanya sekadar hidup secara fisik, sedangkan ruh dan hatinya mati. Allah sangat mengutamakan ilmu dan meninggikan orang-orang yang berilmu. “Allah akan meninggikan orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan” (Al-Mujadalah: 11). Rasulullah pun bersabda dalam beberapa hadits tentang kewajiban menuntut ilmu.
Betapa pentingnya ilmu, hingga Allah dan Rasul sangat mengutamakannya. Ilmu inilah yang akan menjadi bekal amanah. Tanpa ilmu manusia tidak akan membawa kebermanfaatan, bahkan akan menimbulkan kerusakan. Sekali lagi, amanah memang bukanlah hal sepele. Amanah di keluarga, kampus, masyarakat, sekecil apapun tetaplah membawa konsekuensi tersendiri. ”Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan juga janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahui” (Al-Anfal : 27). Semoga Allah senantiasa menguatkan pijakan langkah dan menguatkan pundak kita dalam mengarungi setiap amanah-Nya.
[Annis Na’immatun-AMK KMIP]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan

Ulang Tahun, Tradisi Jahiliyah

Indahnya Ukhuwah Islamiyah