Langsung ke konten utama

Berbekal Imu Menunaikan Amanah

Setiap detik waktu dalam perjalanan panjang manusia, tidak ada satupun yang terlewat dari apa yang disebut amanah. Amanah wajib dipikul dan ditunaikan, tidak boleh disia-siakan dan diingkari. Amanah bukanlah perkara mudah dan juga bukan perkara sulit. Manusia diberikan amanah oleh Allah, pertama sebagai hamba Allah dan kedua sebagai khalifah.
Manusia sebagai hamba Allah dikaitkan dengan kewajibannya untuk beribadah kepada Allah, sedangkan manusia sebagai khalifah, terkait dengan kewajiban manusia untuk memelihara dan mengelola bumi Allah. Tentunya dengan sebaik-baik pemerliharaan yang mampu diusahakan dan untuk kebermanfaatan seluruh makhluk ciptaan Allah. Dalam tugasnya sebagai khalifah, Allah memberikan kebebasan dalam mengelola bumi. Namun haruslah tetap berdasarkan landasan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Maka dari itu perlunya ilmu sebagai bekal manusia dalam menunaikan amanah. Tanpa ilmu, manusia hanya sekadar hidup secara fisik, sedangkan ruh dan hatinya mati. Allah sangat mengutamakan ilmu dan meninggikan orang-orang yang berilmu. “Allah akan meninggikan orang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan” (Al-Mujadalah: 11). Rasulullah pun bersabda dalam beberapa hadits tentang kewajiban menuntut ilmu.
Betapa pentingnya ilmu, hingga Allah dan Rasul sangat mengutamakannya. Ilmu inilah yang akan menjadi bekal amanah. Tanpa ilmu manusia tidak akan membawa kebermanfaatan, bahkan akan menimbulkan kerusakan. Sekali lagi, amanah memang bukanlah hal sepele. Amanah di keluarga, kampus, masyarakat, sekecil apapun tetaplah membawa konsekuensi tersendiri. ”Wahai orang-orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan juga janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu sedangkan kamu mengetahui” (Al-Anfal : 27). Semoga Allah senantiasa menguatkan pijakan langkah dan menguatkan pundak kita dalam mengarungi setiap amanah-Nya.
[Annis Na’immatun-AMK KMIP]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Pengumuman OPREC KMIP 2017

Lihat daftar dibawah ini..

PENGUMUMAN PENGURUS BARU 2017 by KMIP UNY on Scribd