IKHLAS dalam Realisasi AMAL

Amal adalah implementasi dari keimanan, maka tak jarang amal dijadikan tolak ukur tinggi dan rendah iman seseorang. Realisasi amal dalam kehidupan perlu adanya landasan guna menjadikannya diridhoi Allah. Ikhlas, menjadi tolak ukur amal itu sendiri. Ikhlas yaitu melakukan segala hal semata-mata hanya untuk mencari keridhaan Allah SWT. Ikhlas guna memurnikan amal dari segala bentuk kesenangan dunia.

Ikhlas bukanlah hal remeh-temeh yang dengan mudah dilakukan. Perlu perjuangan sungguh-sungguh dalam proses belajar ikhlas ini. Berproses menjadi ikhlas tak cukup dengan satu atau dua kali amal, perlu berkali-kali dalam memurnikannya. Mintalah kepada Allah SWT dan hanya Allah lah sebaik-baik penolong.

“dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari ridha Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” [Al-Baqarah: 265]

Begitulah perumpaan hamba Allah yang ikhlas dalam menjalankan setiap amal-amalnya. Ikhlas itu datangnya dari hati yang bersih dan jiwa yang lembut. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menilai bentuk fisik dan hartamu, akan tetapi Allah SWT hanya menilai hati nurani dan perbuatanmu.” [HR. Muslim]

Ikhlas membebaskan hati dari belenggu pengharapan yang berlebihan kepada manusia. Tidak lagi menanti kesaksian manusia ataupun pujian dari mereka. Sebaliknya bagi hati yang tidak ikhlas dalam beramal maka akan menemukan banyak kekecewaan dan keraguan. Wahai saudaraku, imbalan manusia tidak apa-apanya daripada imbalan dari Allah. Carilah muka hanya di hadapan Allah, lakukan semuanya hanya karena Allah SWT semata.

Semoga kita mampu menjadi hamba Allah yang senantiasa memurnikan hati kita..

-AMK KMIP-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan

Ulang Tahun, Tradisi Jahiliyah

Indahnya Ukhuwah Islamiyah