Langsung ke konten utama

BAKSOS BULAN RAMADHAN 1437 H



UKMF KMIP SELENGGARAKAN BAKSOS DI  BULAN RAMADHAN


Foto : kegiatan pasar murah
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana setiap ibadah yang kita lakukan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Bulan Ramadhan bulan suci untuk kita mulai memperbaiki diri, memperbanyak silaturahmi, dan meningkatkan ketaqwaan. Dalam bulan yang penuh berkah ini, UKMF KMIP FIP UNY menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Ramadhan yang dilaksanakan pada 18-19 Juni 2016 di Dusun Bantalwatu, Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Dusun tersebut dapat ditempuh selama kurang lebih dua jam dari kampus UNY Karangmalang. Kegiatan bakti sosial Ramadhan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Ramadhan di Fakultas (RDF) 1437 H.
Rata-rata mata pencaharian warga Dusun Bantalwatu adalah petani. Disini muslim menjadi kalangan minoritas karena presentase penduduk muslimnya sekitar 40%. Kegiatan keagamaan yang jarang diadakan, membuat dusun ini rawan terhadap lunturnya aqidah. Itulah mengapa dusun tersebut menjadi sasaran kegiatan Bakti Sosial Ramadhan UKMF KMIP FIP UNY. Adapun kegiatan bakti sosial Ramadhan meliputi pendampingan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), buka bersama santri TPA, pengajian umum, reresik masjid, pemberian sumbangan peralatan masjid dan pasar murah.
Kegiatan baksos kami awali dengan mengajar TPA di Mushola Nurul Islam. Ada kurang lebih 17 santri ketika itu. Malam harinya setelah shalat tarawih, diadakan pengajian. Meski awan sedang menumpahkan air yang ditampungnya (baca: hujan), masyarakat tetap bersemangat melangkahkan kaki ke masjid. Begitu pun dengan beliau Ustad Munawar -Ketua Ikadi Gunungkidul-  yang harus melewati medan cukup sulit agar bisa sampai di Bantalwatu.
Esok harinya ba’da Shalat Subuh, disampaikan kultum oleh saudara Adib Muhammad (PGSD 2012). Agenda baksos dilanjutkan dengan kegiatan pasar murah dan kerja bakti di Masjid Nurul Islam. Alhamdulillah sekitar pukul 10.00, paket sembako habis terjual.
Ketua panitia Bakti Sosial Arif Budiarto menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan bakti sosial di Desa Bantalwatu adalah untuk meningkatkan rasa kepedulian antar sesame dan membentuk kepribadian yang mampu menangkap problematika masyarakat terutama dalam hal agama. (rst)

Komentar

Pos populer dari blog ini

PENDIDIKAN PROFETIK

Profetik berasal dari bahasa inggris prophetical yang mempunyai makna kenabian atau sifat yang ada dalam diri seorang nabi (Kuntowijoyo). Yaitu sifat nabi yang mempunyai ciri sebagai manusia yang ideal secara spiritual-individual, tetapi juga menjadi pelopor perubahan, membimbing masyarakat ke arah perbaikan dan melakukan perjuangan tanpa henti melawan penindasan.
Secara definitif, pendidikan profetik dapat dipahami sebagai seperangkat teori yang tidak hanya mendeskripsikan dan mentransformasikan gejala sosial, dan tidak pula hanya mengubah suatu hal demi perubahan, namun lebih dari itu, diharapkan dapat mengarahkan perubahan atas dasar cita-cita etik dan profetik.
Secara normatif-konseptual, paradigma profetik versi Kuntowijoyo (alm) didasarkan pada Surat Ali-Imran ayat 110 yang artinya: “Engkau adalah ummat terbaik yang diturunkan/dilahirkan di tengah-tengah manusia untuk menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran dan beriman kepada Allah”.
Terdapat tiga pilar utama dalam i…

KETENTUAN LOMBA-LOMBA PENSIL (PENTAS SENI ISLAMI) KMIP FEST 2014 JUM’AT , 21 NOVEMBER 2014

A.KETENTUAN UMUM
    1.Mahasiswa/i Muslim aktif angkatan 2012 – 2014
    2.Mahasiswa UNY
    3.Menyerahkan fotocopy KTM 2 lembar*
* tempat dan waktu menyusul
    4.Peserta boleh mengikuti lomba maksimal 2 lomba
    5.Peserta mengisi formulir file kirim ke email kmipfipuny@gmail.com 
        Dengan format: Formulir KMIP Fest_Nama Peserta.
    6.Pendaftaran paling lambat tanggal 20 November 2014 pukul 16.00 WIB. 

B.KETENTUAN LAINNYA
   1.Nomor undian tampil peserta akan ditentukan oleh panitia
   2.Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan mengikuti acara pembukaan di FIP tanggal 21 November 2014 pukul 13.15 WIB
   3.Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak KMIP Fest tanggal 28 November 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
   4.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
   5.Peserta akan dihubungi jika terjadi perubahan waktu dan teknis sewaktu-waktu

C.KETENTUAN KHUSUS
1.Nasyid
   a.Satu delegasi terdiri dari 3 – 5 orang 
   b.Peserta adalah laki-laki (ikhwan)
   c.Setiap peserta/personel tidak …

Kota Suci Penerang Peradaban