Membelajarkan Hati untuk Peka dalam Kebaikan


Membelajarkan Hati untuk Peka dalam Kebaikan
Ustadzah Nina Ratnasari


            Belajar peka dari sesuatu yang kita anggap kecil, melakukan amalan-amalan yang kita anggap kecil tetapi dilakukan secara continue. Belajar peka berarti berhubungan dengan hati. Hati yang bersih akan lebih mudah untuk peka.
Ada beberapa cara untuk membersihkan hati :
·         Banyak-banyak beristighfar
Dengan beristighfar maka hati akan tenang, dimudahkan dalam mencapai keinginan serta menghapuskan dosa.
·         Bersedekah
Sedekah paling sederhana adalah senyuman. Apabila kita senyum dengan orang lain, akan tetapi orang hanya diam saja bahkan cemberut tapi kita ikhlas maka itu akan dihituung dengan bersedekah. Jadi manusia yang murah senyum, ceria maka akan memberikan positif  vibes untuk lingkungan di sekitar kita.
·         Menikmati kepahitan
Yang dimaksud dengan menikmati kepahitan ialah menikmati setiap ujian, musibah dari Allah SWT. Orang yang mendapat musibah tetapi bisa menikmatinya maka akan mendapatkan dua pahala yaitu pahala atas kesabarannya menghadapi musibah dan pahala karena berkhuznudzon dengan Allah SWT. Contohnya ketika  lelah, capek, sakit maka dinikmati saja, insyaAllah akan diganti oleh Allah dengan sesuatu yang lebih baik lagi, asalkan tetap ikhlas.
·         Berdzikir
Ada dua cara berdzikir yaitu dengan melafalkannya secara langsung dan mewujudkannya dalam bentuk perbuatan yang diniatkan karena Allah SWT.
         Sebenarnya hati manusia sudah peka terhadap kebaikan-kebaikan di sekitarnya, akan tetapi terkadang manusia tidak mau tau dan tidak melakukan kebaikan tersebut. Dalam urusan peka juga dipengaruhi dengan apa yang sering dilihat, apabila mata sering melihat kebaikan maka hati akan cenderung melakukan kebaikan begitu juga sebaliknya.
            Membersihkan hati sama juga minta balikan  sama Allah SWT, ketika hati sudah merasa jauh dengan Allah, hati terasa hampa kemudian kita melakukan hal-hal di atas untuk membersihkan hati berarti kita minta balikan sama Allah SWT, minta dekat dan dicintai Allah SWT. Jadi, yuk kita mulai membersihkan hati dan mulai peka dengan kebaikan-kabaikan di sekitar kita. Semangat :)

Sumber : Kajian Bincang-Bincang Muslimah bersama Ustadzah Nina Ratnasari 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan

Ulang Tahun, Tradisi Jahiliyah

Indahnya Ukhuwah Islamiyah