BINCANG-BINCANG MUSLIMAH (BBM): Quarantine Time with Quran



 Pemateri : Ukhti Iftah ‘Azima ‘Ilma


Hal yg mendasar sebelum kita mendekatkan diri dengan Al-Quran adalah kita harus menyadari betapa Allah sayang dengan kita. Mendekatkan diri dengan Quran adalah bentuk rasa sayang kita dengan Allah. Sebagaimana tercantum dalam QS. Ar-Rahman dan Al-Fatihah: 3 (Ar rahmannirrahiim). Seluruh ayat Al-Quran adalah bukti Allah sayang sama kita. Kebaikan yang akan kita peroleh banyak sekali. Al-Quran banyak memiliki manfaat. Sejatinya saat kita membaca Quran, kita itu lagi berbicara sama Allah dan Allah itu sedang menasihati kita.

      Tips agar tidak malas membaca Al-Quran:



1.      Niat
2.      Simpan Al-Quran di tempat yang terjangkau.
3.      Pilihlah Al-Quran favorit (design, ukuran, dan hurufnya).
4.      Ubah mindset kita bahwa membaca Al-Quran itu kebutuhan. Buatlah diri merasa ada yg kurang saat kita melewatkan hari tanpa Quran. Mindsetnya bukan kewajiban tapi kebutuhan karena Allah sayang sama kita dan kita ingin menunjukkan rasa sayang itu.
5.      Motivasi diri kita sendiri dengan mengingat keutamaan2 Quran. Buat tulisan-tulisan memotivasi tentang Quran di dinding kamar atau tempat2 yang biasa kita lewati.





      Adab sebelum kita membaca Al-Quran :


1.  Hendaklah membaca Quran dengan ikhlas mengharap ridho Allah.

2.  Mulut yang bersih (sikat gigi dan minum air putih).

3.  Dalam keadaan suci.

4.    Mengambil tempat yang bersih untuk membaca Al-Quran dan tidak ada najis di sekitarnya (diutamakan di masjid).

5.  Menghadap kiblat agar kita selalu merindu ka’bah dan menghadap Allah SWT.

6.  Memulai membaca Quran dengan membaca ta’awudz meski ini hukumnya sunnah. QS. An-Nahl : 98, “Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.”

7.  Membaca Basmallah setiap awal surat kecuali surat At-Taubah.

8.  Dalam keadaan khusyuk dan mentadabburi ayat2 yg kita baca. “Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur’an ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad : 24).

9.   Ibrahim al-Khawaz menasihati bahwa ingatlah kelima hal ini saat ingin mendekatkan diri dengan Al-Quran : Membaca al quran disertai tadabbur, rajin puasa, rajin qiyamul lail, merendahkan diri di waktu sahur, duduk dengan orang2 sholih.



      Apa yg harus dilakukan selama masa karantina?

-Allah mendatangkan Corona adalah suatu bentuk rahmat atau anugrah. Apapun itu baik nikmat atau ujian, setiap yang Allah berikan pada kita itu penuh dengan rahmat. Bahkan rahmatnya sangat besar melebihi ujian itu sendiri. Sebegitu sayangnya Allah pada kita.

-  Bersyukurlah selalu karena ini akan mempengaruhi hati kita dalam membaca Al-Quran. Saat kita tidak bersyukur, hati kita menjadi tidak ikhlas saat membaca Al-Quran. Kita boleh takut akan kematian karena pandemi ini. Akan tetapi, jangan sampai ketakutan pada kematian itu melebihi rasa takut kita pada Allah. Syukur akan mewujudkan hati yg tenang dan ikhlas saat dengan Quran.

-     Cobalah untuk tidak hanya membaca Al-Quran tapi coba untuk menghafal dan memahami Al-Quran. 10 golongan yang Allah beri naungan di hari akhir nanti salah satunya adalah para Pengafal Quran. Hanya saja jangan mengesampingkan tentang memahami Quran. Jangan berlomba-lomba buat hanya sekadar menghafal tapi pahami dan amalkan. Goalsnya adalah mengamalkan Quran dalam kehidupan sehari-hari. Percuma hafizh hafizhah tapi tidak mengamalkan ini namanya munafik. “Sungguh besar kebencian dan kemurkaan di sisi Allah bila kalian mengatakan sesuatu yang tidak kalian kerjakan. Tidak pantas bagi seorang yang beriman kecuali berbuat jujur terhadap Allah, amalnya sesuai ucapannya. (QS. As-Shaf : 3)


“Al-Quran itu mudah jika kita mau bersabar dalam mempelajarinya. Pemenang adalah seseorang yang mau bertahan dalam kesabaran.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KMIP: Wadah Berorganisasi dan Menjalin Persaudaraan

Ulang Tahun, Tradisi Jahiliyah

LOMBA DESAIN POSTER DAKWAH